Kamis, 03 Januari 2013

What's up? : nusantara dan indonesia, apa bedanya?



sekadar selingan aja. coba deh liat thread kaskus yang satu ini, sumpah dah saya ngakak guling-guling ngebaca nih postingan, masa SNSD disebutnya memplagiat girls generation! hahaha ... ada-ada saja...





saya kasih tahu saja bagi yang belum tahu, SNSD itu singkatan dari Sou Nyuh Shi Dae ato dalem bahasa inggris nya tuh girls generation.  intinya gimana mau gak plagiat? lha wong orang nya saja sama, lagunya sama, yang beda cuma bahasa nya saja yang beda. gak tau juga SNSD?, makanya jangan kelamaan bertapa di wc!

terinspirasi dari bacaan thread diatas, mungkin kawan-kawan sekalian ada yang memperhatikan ketika saya sedang menyebutkan nama dari bangsa kita ini di postingan-postingan sebelumnya dengan nama "indonesia" dan "nusantara", memang sebetulnya sama saja kan artinya? lalu yang membedakan nya apa?

nah sama seperti kasus SNSD yang tadi saya bahas, makna hampir sama , cuma beda bahasa nya saja. kalau indonesia itu dari bahasa yunani. yaitu dari kata "Indo" yang berarti india/hindia dan "Nesos" penyebab dari penggunaan istilah ini adalah karena sering terjadi nya kesalah pahaman dan kerancuan dengan bangsa india asli yang ada di asia selatan. penggunaan indonesia ini lebih banyak digunakan untuk menyebutkan bangsa kita pada masa sekarang/modern. penggunaan kata ini mulai populer pada sekitar abad ke-19 dan diperkenalkan oleh seorang jurnalis inggris James Richardson Logan melalui tulisan ilmiahnya yang kemudian di mafhumi oleh para cendikiawan lainya. dan menggantikan istilah buatan belanda sebelumnya, hindia timur atau hindia saja.

sementara nusantara lebih menunjuk ke keadaan bangsa kita (melayu) pada zaman dulu (zaman kerajaan sebelum datangnya bangsa eropa). istilah ini sudah ada sejak zaman kerajaan majapahit, nusantara diambil dari dua kata bahasa sanskerta, yaitu "nusa" (Pulau) dan "antara" (luar). istilah ini dipakai majapahit untuk menyebutkan daerah-daerah taklukan yang berada di luar pulau jawa, termasuk juga daerah yang belum ditaklukan di pulau jawa sendiri seperti kerajaan sunda.   

tapi ada juga yang mengatakan kalau nusantara adalah gabungan dari nesos (pulau) yang berada di"antara" atau ditengah-tengah 2 samudra dan 2 benua.

Umumnya kata indonesia lebih dipilih oleh para tokoh pergerakan nasional karena dianggap memilki identitas sendiri sebagai bangsa yang meliputi dari sabang sampai merauke ada terpisah dari ententitas bangsa lainya seperti malaysia dan singapura. sementara istilah nusantara sendiri memiliki cakupan yang lebih luas, yaitu menyebutkan wilayah yang didiami oleh ras melayu dan tidak termasuk papua karena berbeda ras.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar