Rabu, 28 November 2012

Ancient wonder : Peradaban Mesopotamia



Selamat datang di Mesopotamia!


Peradaban mesopotamia kuno adalah sebuah peradaban manusia tertua di dunia dan diakui keberadaanya. hal ini diketahui dari berbagai peninggalan-peninggalanya yang berupa prasasti dan juga peningalan bangunan-bangunan megahnya yang hingga kini masih berdiri dengan kokohnya.

 
peradaban ini mulai berkembang pada masa 3500 - 2000 SM. Mesopotamia sendiri terletak di antara dua sungai besar, Eufrat dan Tigris. Daerah yang kini menjadi Republik Irak itu di zaman dahulu disebut Mesopotamia, yang dalam bahasa Yunani berarti "(daerah) di antara sungai-sungai".
   Mesopotamia adalah daratan yang sangat landai, dan nyaris tidak ada gunung ataupun lembah di daratan ini. daerah mesopotamia  sumber daya, namun disini terdapat daerah yang sangat subur yang disebut dengan "daerah bulan sabit" karena bentuk wilayahnya yang menyerupai bulan sabit. di daerah ini bisa ditanami oleh berbagai tanaman pangan seperti  bawang, daun bawang, gandum, barley, buah-buahan (buah ara dan anggur), aneka bumbu dan rempah-rempah, dan lentil. Beberapa logam dan batu mulia yang ditemukan adalah lapis lazuli, gading, perak, emas, karang, cornelian, perunggu, tembaga, besi, dan batu kapur merah.

Sistem kepercayaan yang dianut masyarakat Mesopotamia Kuno adalah dengan menyembah banyak Dewa (polytheisme), berupa Dewa Enlil sebagai dewa bumi dan sekaligus sebagai dewa tertinggi yang menguasai alam semesta, Dewa Enki sebagai dewa air, Dewa An sebagai dewa langit, dan Dewa Samash sebagai dewa matahari. Bagi bangsa Babylonia, mereka percaya dewa tertinggi adalah Dewa Samash, atau lebih dikenal dengan nama Dewa Marduk.

mesopotamia adalah peradaban manusia tertua yang pernah ditemukan, dan diketahui banyak bangsa yang pernah mendiami wilayah ini. mereka membangun kota-kota besar yang memiliki kedaulatan sendiri atau biasa disebut negara kota, mereka menggunakan tulisan paku/cuneiform dan menggunakan tanah liat  sebagai media untuk tulis menulis kemudian mereka juga sudah bisa membangun sistem pertanian yang telah dilengkapi dengan sistem pengairan/irigasi di lahan-lahan yang subur karena itulah mata pencaharian masyarakat yang paling umum adalah menjadi petani,selain itu mereka banyak membangun bangunan fenomenal seperti zigurat dan barang kesenian arca atau patung-patung bersejarah. kehidupan mereka yang makmur dan perkembangan ilmu pengetahuan  di segala bidang membuat peradaban mesopotamia melesat dengan cepat namun akibat dari keinginan untuk merebut pengaruh politik dan kekuasaan antara masing-masing negara kota tersebut maka timbulah perang-perang besar yang malah menghancurkan peradaban yang telah mereka bangun sendiri .

berikut ini adalah bangsa-bangsa yang telah mendiami mesopotamia kuno  (3500-2000 SM):

1. Bangsa Sumeria
Bangsa sumeri memiliki peradaban yang tinggi di masa nya mereka telah menghasilkan berbagai penemuan-penemuan yang fenomenal untuk ukuran zaman dahulu seperti halnya penggunaan roda dan ilmu astronomis dan matematika kompleks.. bangsa Sumeria sekitar tahun 3.000 tahun SM membangun 11 atau12 kota-kota besar, di antaranya kota Ur, Uruk, Lagash dan Nippur. sumeria telah diperintah oleh banyak raja, raja pertamanya adalah Alulim. ia memiliki masa jabatan yang bukan main panjangnya, 28800 tahun! (sumber: wikipedia)
mungkin memang benar adanya ya apabila ada yang mengatakan bahwa orang-orang zaman dahulu ternyata memiliki umur ratusan bahkan sampai puluhan ribu tahun lamanya. daftar lengkap tentang raja-raja yang pernah memerintah bangsa ini bisa dilihat disini. lalu pada akhirnya bangsa ini berhasil ditaklukan oleh bangsa lainya  seperti kekaisaran akkadia oleh sargon kemudian kehidupan bangsa ini dilanjutkan bangsa-bangsa lainya yang berhasil menjajahnya.

2. Bangsa babilonia
Negara kota ini didirikan oleh sumuabum sekitar 1894 SM. bangsa ini pada awalnya hanya bersikap pasif dan dibawah pengaruh bangsa llainya yang sudah lebih maju dan besar, namun pada masa pemerintahan Hamurrabi   beliau behasil membawa babilonia ke zaman keemasanya, babilonia dapat menguasai daerah yang sebelumnya dikuasai oleh bangsa-bangsa lainya, hal ini berkat keberanian untuk menata ulang sistem pemerintahan dan memperkuat armada pasukanya seingga babilonia menjadi negara yang kuat pada masa pemerintahanya.kemudian salah satu bukti kegemilanganya adalah membuat Suatu konstitusi yang harus dipatuhi oleh masyarakatnya yaitu Codex of hammurabi yang memuat 282 pasal yang berisi aturan hidup dan hubungan antar masyarakat, sepeninggalnya beliau.kerajaan ini menjadi lemah. dan lama kelamaan menjadi runtuh.

                                \       peninggalan mereka

 
Negara kota Mesopotamia
Replika penduduk lokal Assiria
Prasasti Mesopotamia menggunakan tullisan paku dan tanah liat
Pasukan Mesopotamia
Gambaran Perang Mesopotamia
Sargon sang penakluk dari Akkadia

 
Ziggurat, tempat pemujaan bangsa sumeria


sebenarnya masih banyak lagi bangsa/civilization seperti bangsa gutt, hitit ,lidia , elam, dan bangsa minoritas lainya.namun dikarenkan waktu jadi saya rasa pembahasan dari ketiga bangsa diatas sudah cukup untuk menggambarkan bagaimana kehidupan mesopotamia kuno. mungkin kawan ada yang ingin membantu untuk melengkapi pembahasan tentang artikel ini? mungkin kapan-kapan saya akan mengupdate artikel ini di lain waktu.    







Tidak ada komentar:

Poskan Komentar