Rabu, 26 Desember 2012

Tokoh : Gajah mada dan Dibalik mangkatnya sang raja

-->
Gajah mada, illustrated

Siapa yang tidak kenal dengan tokoh ini? Saking terkenalnya mungkin hanya yang bukan orang indonesia yang tidak mengetahui tokoh yang satu ini. Tokoh yang hidup dengan pada sekitar abad ke-13 ini selain dikenal sebagai tokoh pemersatu nusantara ini ternyata menyimpan banyak misteri yang masih belum terkuak dari tokoh yang satu ini. Seperti halnya darimana asal usul dan bagaimana kematian nya yang masih kontroversial.

 

Riwayat hidup sang legenda ini lebih banyak diketahui dari kitab negarakertagama dan pararaton. diceritakan bahawasanya dahulu gajah mada hanyalah seorang rakyat jelata yang pernah hidup pada masa pemerintahan raja jayanegara. Namun kemudian entah bagaimana caranya beliau berhasil mendapat kepercayaan untuk menduduki jabatan sebagai bekel atau bahasa modern nya komandan dari pasukan bhayangkara, Pasukan khusus yang bertugas mengawal dan melindungi sang raja. Nah pada semasa karir nya ini terjadilah pemberontakan yang dilancarkan oleh seorang dharmaputra, Ra kuti terhadap raja jayanegara. Dan ia berhasil menguasai ibukota dari kerajaan.

Bhayangkara imperial army, illustrated

Lalu bagaimana aksi dari gajah mada dalam menghadapi pemberontakan tersulit sepanjang karirnya ini ?.ternyata gajah mada telah mengambil inisiatif untuk mengamankan sang raja ke sebuah desa terpencil bersama pasukan bhayangkara nya sebelum ibukota kerajaan berhasil ditaklukan. Kemudian ia setelah memastikan sang raja aman. Ia kembali lagi ke ibukota kerajaan untuk memulihkan keadaan. Namun ia tidak mengambil alih kekuasaan dengan cara kekerasaan. Tapi dengan cerdiknya ia menyebarkan kabar bohong kepada otoritas pemerintahan dan masyarakat di majapahit bahwa sang raja telah terbunuh. Berita itu menyebar luas sehingga Ra kuti tidak mendapat dukungan dari siapapun dan akhirnya mundur. Setelah keadaan di ibukota dipastikan aman barulah gajah mada meralat kabar bohong tadi bahwa sang raja masih hidup. Kemudian raja dikembalikan ke ibukota dan masyarakat menyambutnya dengan gembira.

Atas usahanya dalam memadamkan pemberontakan kuti. Maka gajah mada diangkat oleh jaya negara sebagai patih dan bertugas di daha bersama ratu gitarja, yang kemudian nantinya menjadi patih di kediri. Dan kehidupan kerajaan kembali berjalan damai untuk sementara waktu...


Tribhuvana wijayatunggadewi, illustrated



tapi kedamaian tidak berlangsung lama. terjadi konflik di dalam tubuh keluarga kerajaan sendiri. Jayanegara melarang kedua adik tirinya, dyah gitarja dan dyah wiyat untuk menikah. Hal ini disababkan ia khawatir jika suatu saat nanti suami mereka akan bersaing dengan jayanegara untuk memperebutkan tahta kerajaan. Sebenarnya hubungan keluarga antara jayanegara dan kedua adik tirinya itu adalah satu bapak kandung namun berbeda ibu.

Kemudian diketahui juga pada saat itu jayanegara belum memiliki seorang pun permaisuri. Makanya terkadang ia suka mengganggu wanita lain nya. Termasuk juga mengganggu istri  Ra tanca. Kemudian istri nya mengadukan perbuatan sang raja kepada suami nya. Hal ini jelas membuat Ra tanca sangat marah. apalagi setelah ia mengetahui rencana gila jayanegara untuk mempersunting kedua adik tirinya.

Akhirnya Ra tanca pergi menemui patih gajah mada, yang diketahui sudah menjadi orang yang paling dipercaya sang raja setelah peristiwa pemberntakan yang lalu, untuk membantunya menasihati jayanegara untuk menghentikan rencana nya dan tidak mengganggu lagi istrinya. Namun bukan nya membantu Ra tanca, gajah mada malah terkesan cuek, seakan tak mau peduli dalam permasalahan nya.

Pada suatu hari. Ra tanca yang merupakan tabib/dokter istana diperintahkan sang raja untuk mengobati penyakitnya. Tentu saja kesempatan ini tidak disia-siakan oleh Ra tanca untuk membunuh sang raja akibat dari dendam kesumat nya kepada sang raja. Benar saja ketika sang tabib membunuhnya saat sedang membedah jayanegara di kamarnya. Kemudian entah bagaimana gajah mada tiba-tiba sudah ada di kamar raja dan langsung menuduh Ra tanca telah melakukan pembunuhan kepada sang raja kemudian ia langsung membunuh Ra tanca saat itu juga tanpa melalui proses pengadilan.

Lalu apa yang terjadi dengan tahta kerajaan setelah terbunuhnya jaya negara ?. Tahta kemudian diberikan kepada gayatri, istri dari raden wijaya. Akan tetapi karena dirinya sudah menjadi pendeta budha maka tahtanya dwakilkan kepada putrinya, dyah gitarja yang diberi gelar tribhuwana wijayatunggadewi. dan menikah dengan Kertawardhana yang dipilih menjadi suaminya setelah melalui suatu sayembara. Lalu gajah mada diangkat menjadi mahapatih (setingkat perdana mentri) majapahit menggantikan mahapatih sebelumnya, arya tadah.


Peristiwa pembunuhan jayanegara terlihat agak janggal ?. Ya memang sepertinya upaya pembunuhan jayanegara adalah konspirasi untuk melengserkan kekuasaan sang raja. Diduga karena gajah mada yang memilki kedekatan hubungan dengan dyah gitarja karena sama-sama bertugas di daha bersekongkol untuk merebut kekuasaan majapahit. Gajah mada juga mengetahui kalau ada pihak yang kurang menyenangi sang raja, Yaitu Ra tanca. Yang bisa dijadikan sebagai alat untuk melengserkan sang raja. Kemudian gajah mada berpura-pura tidak mempedulikan masalahnya dengan harapan supaya Ra tanca dapat berinisiatif dengan sendirinya untuk menghancurkan sang raja tanpa harus melibatkan tangan nya sendiri. Kemudian gajah mada terus memperhatikan gerak-geriknya hingga saat peristiwa peengobatan berdarah terjadi. Gajah mada yang terus mengamatinya dari kejauhan. Entah itu dari balik kamar, pintu, ataupun jendela akhirnya menyergap Ra tanca yang sudah ketahuan membunuh sang raja. Kemudian membunuhnya tanpa dihadapkan terlebih dahulu ke depan pengadilan yang tentunya dengan jalan untuk menghilangkan bukti dan jejak pembunuhan terencana ini.
Lalu setelah masalah kasus pembunuhan dianggap selesai. Kemudian kedua putri kerajaan, dyah gitarja dan dyah wiyat diperbolehkan untuk menikan. Sementara itu arya tadah, mahapatih yang sebelumnya mengabdi kepada jayanegara mengundurkan diri. Kemudian kekosongan kekuasaan ini diisi oleh dyah gitarja yang diangkat menjadi ratu kerajaan dan gajah mada menjadi mahapatih atas rekomendasi dari arya tadah agar patih kediri (gajah mada) bersedia menggantikan nya. 

Bonus :

Ilustrasi kehidupan di ibukota majapahit (klik untuk memperbesar)







Sumber dan gambar : dari wikipedia, blog, dan google


Tidak ada komentar:

Posting Komentar