Jumat, 14 Desember 2012

What's up? : Kerajaan majapahit atau Kekaisaran majapahit?

Surya Majapahit (ilustrasi)
Perlu diakui bahwa majapahit adalah suatu negara terbesar yang pernah didirikan di bumi nusantara. kerajaan yang didirikan sekitar abad ke-13 sampai ke-15 ini memiliki corak hindu-budha yang memang saat itu sedang ngetrendnya bedirinya kerajaan-kerajaan yang bercorak hindu-budha sebelum adanya penyebaran islam.
meskipun sebenarnya ada kabar miring yang mengatakan kalau negara ini sebenarnya bercorak islam. tapi menurut saya pendapat itu masihlah sangat lemah karena berdasarkan dari peninggalan-peninggalan negara ini kebanyakan merupakan peninggalan kebudayaan hindu-budha.
 
kembali ke topik awal, sesuai dengan judul postingan. saya ingin mempertanyakan mengapa bentuk negara majapahit di berbagai buku pelajaran sejarah dan berbagai sumber literatur lainya menyebutkan kerajaan sebagai bentuk negaranya, bukan kekaisaran sehingga kita saat ini hanya mengenal istilah "kerajaan majapahit" bukan "kekaisaran majapahit" ataupun "kemaharajaan majapahit".

Wilayah kekuasaan majapahit pada mas kejayaan nya

seperti kita lihat pada peta diatas, pada masa pemerintahan Hayam wuruk. wilayah majapahit (nyaris) mencapai seluruh wilayah nusantara dengan berbagai usaha penaklukan dan penyatuan kecuali kerajaan sunda (jawa barat) dan madura belum dipersatukan. apalagi kekuasaan nya sudah dapat menaklukan wilayah internasional semacam tumasik (singapura sekarang) dan pahang (malaysia) daftar lengkap tentang wilayah kekuasaanya bisa dilihat disini. meskipun lagi-lagi klaim atas wilayah tersebut cukup meragukan karena belum ditemukannya bukti peninggalan kerajaan majapahit masih belum ditemukan di daerah tersebut.
kemudian kita bandingkan saja dengan jepang yang wilayahnya pada saat itu masih lebih kecil daripada nusantara dan masih belum menaklukan negri asing saja bentuk negaranya sudah disebut kekaisaran

nah kira-kira apakah para kawan sekalian ada yang bisa menjawab atau menyampaikan pendapat lainya dari pertanyaan ang membuat saya galau ini?





Tidak ada komentar:

Posting Komentar